Pelari Pemula Sebaiknya Perhatikan Beberapa Tips Penting Ini

Salah satu jenis olahraga paling disukai masyarakat adalah lari atau jogging.

Alasannya tentu saja karena murah, tidak butuh banyak perlengkapan dan dapat dilakukan kapanpun dimanapun. Namun ada beberapa masalah yang seringkali dialami para pelari pemula atau baru mencoba olahraga tersebut. Misalnya seperti kehabisan nafas, nafas sesak, kaki pegal, perut kram, cidera otot ringan, dan sebagainya. Semua itu terjadi disebabkan karena mereka kurang melakukan persiapan terlebih dahulu dan memulainya secara sembarangan. Berikut ini ada tips olahraga lari bagi para pemula yang bisa Anda coba sendiri!

  1. Perhatikan Pakaian

Pilih pakaian yang nyaman, mudah menyerap keringat dan elastis untuk memudahkan pergerakan Anda. Hindari jenis kostum lari yang sesak, terlalu tebal, berat, dan berbahan panas sehingga menimbulkan hawa panas di permukaan kulit.

  1. Sepatu Lari

Kebanyakan orang menggunakan sepatu sembarangan, seperti sneakers ataupun jenis boots. Padahal olahraga lari harus memakai sepatu khusus dengan ciri enteng, sol bawah elastis dan empuk, serta sesuai dengan bentuk atau ukuran kaki. Banyak sekali dampak buruk ketika Anda salah menentukan sepatu lari, seperti mudah keseleo, kulitnya lecet, memengaruhi tulang telapak kaki, dan sebagainya.

  1. Pemanasan

Hal ini juga seringkali dilupakan oleh pelari pemula bahkan sampai dianggap tak terlalu penting. Bahaya jika tidak melakukan pemanasan sebelum lari yaitu dapat memicu cidera otot, terkilir, kram, dan kejang otot.

Selalu ingat tiga hal utama diatas apabila Anda baru saja memulai olahraga lari. Supaya mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal maka lakukan setidaknya satu minggu sekali atau lebih.

Super User